Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah

  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman ibu dengan peran ganda dalam membentuk kemandirian anak. Ibu dengan peran ganda dalam penelitian ini dimaknai sebagai ibu yang memiliki peran menjadi ibu rumah tangga dan bekerja. Adanya peran ganda membuat peran sebagai ibu terbagi dengan peran sebagai wanita karir. Apalagi jika anak telah memasuki usia pra sekolah, peran ibu semakin diperlukan karena pada tahap ini anak berada pada masa keemasan,, jendela kesempatan, dan masa kritis (Depkes RI, 2010). Salah satu keteramplan yang harus dikembangkan yaitu kemandirian yang menjadi salah satu tujuan pendidikan karakter. Apalagi bagi ibu yang bekerja, membentuk kemandirian anak sejak usia dini dapat membantu anak untuk melakukan aktivitas sederhana sehari-hari ketika ibu sedang bekerja. Partisipan penelitian adalah empat orang ibu dengan peran ganda dan memiliki anak dengan rentang usia 3-6 tahun yang sedang mengikuti program di Kelompok Bermain/Taman Kanak-Kanak. Penggumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam kemudian dianalisis dengan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman ibu dengan peran ganda dalam membentuk kemandirian anak melalui penggunaan pola asuh, pemberian contoh dan pendampingan pada anak dalam mengerjakan aktivitas yang bisa dilakukan anak secara mandiri, serta membiasakan anak untuk melakukan aktivitas sederhana sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bashori, K. (2006). Psikologi Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Boyatzis, R.E. (1998). Transpforming Qualitative Information: Thematic Analysis and Code Development. Sage Publication.
Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Refika Aditama.
Dinas Pendiidkan Nasional. (2006). Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini 9PAUD). Jakarta: Depdiknas.
Depkes RI. (2010). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes RI.
Elisabeth, B. Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.
Erickson, EH. (1963). Childhood & Society. Edisi Kedua. New York: Norton.
Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu yang Bekerja dan Tidak Bekerja. Jurnal Psikoborneo. Vol. 4 Nomor 4, 2016: 711-721.
Hasan, M. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Joni, J. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) di PAUD Al-Hasanah Tahun 2014. Jurnal Obsesi: Journal of Eraly Childhood Education. Vol.1, Nomor: 1, 2015: 42-48.
Kartono, K. (1995). Psikologi Anak 9Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas. 2007. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Poerwandari, E.K. (2005). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Smith, J. A., & Osborn, M. (2007). Interpretative Phenomenological Analysis. In J. A. Smith (Ed.), Qualitative Psychology: Practical Guide to Research Method. London : SAGE Publications.
Steinberg, Laurence. (1995). Adolescene Sanfrancisco : McGraw-Hill Inc.
Streubert, H. J. & Carpenter, D. R. (2011). Qualitative Research in Nursing Advancing the Humanistic Imperative, 5th. Philadephia: Lippincot William & Wilkins A Wolters Kluwer Company.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Bandung: Alfabeta.
Suryanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Surya, Y.F. (2017). Penggunaan Model dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood Education. Vol. 1 Nomor:1, 2017: 52-61.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pedagogia.
Wiyani, N. A. 2012. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua dan Guru Dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Published
2017-12-27
How to Cite
AFFRIDA, Ervin Nurul. Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 44-50, dec. 2017. ISSN 2549-8959. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi/article/view/543>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles