Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng

  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Faktor yang sangat penting bagi anak dalam mengekspresikan emosinya adalah melalui bahasa. Selain itu, penanaman moral juga harus ditanamkan pada anak sejak dini. Bahasa bagi anak dapat diperoleh melalui pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada fase ini, anak mengalami tahap perkembangan bahasa yang dapat dikatakan bisa berkembang dengan pesat apabila metode yang dipilih dalam proses pembelajaran juga tepat. Salah satu metode yang dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan bahasa bagi anak usia dini adalah dengan menggunakan metode mendongeng. Secara tidak langsung melalui kegiatan mendengarkan anak dapat menyerap informasi yang ada pada cerita. Mendengarkan dongeng mencakup penambahan kosakata baru dalam unsur cerita juga pesan moral, sehingga dengan metode ini anak dengan mudah menerima penambahan kosakata baru dan juga pesan moral yang terkandung dalam sebuah cerita. Melalui mendongeng maka secara otomatis akan terjadi transformasi nilai melalui tingkah laku dan karakter tokoh yang ada dalam cerita. Dari pemaparan yang telah dijabarkan bahwa metode mendongeng selain dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak, metode ini juga dapat dijadikan alternatif dalam menanamkan moral pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, D.S. 2008. Mendongeng Bareng Kak Agus D.S Yuk. Yogyakarta: Kanisius
Alwi, Hasan. 2007. KBBI, edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Aziz M, dkk. 2003. Sepasang Burung dan Nabi Sulaiman. Yogyakarta: Mitra Pustaka


Berns, R.M. (1997). Child, Family, School, Community: Socialization And Support. USA (US): Rinehart and Winston, Inc.
Bertens, K, 1993. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Danandjaja, J. (1994). Folklor Indonesia, ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain (cet.
Keempat). Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.
Eni Zubaidah. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY
Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA
Fauziddin, M. (2014). Pembelajaran PAUD bermain, cerita, dan bernyanyi secara islami. Bandung: Rosdakarya
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan anak jilid 1 edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media Grup
Kartini Kartono. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung : CV Mandar Maju.
Lamuningtyas, Y.A. (2012). Pemberian dongeng untuk meningkatkan kemampuan
bahasa pada anak usia prasekolah. Skripsi, Tidak dipublikasikan
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mohammad Ali, dkk. 2012. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara: Jakarta
Musfiroh, T. (2009). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Nurgiyantoro (2005) . Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.
Roointan, Z., & Mousavi, F. (2014). Investigation of the influence of teaching via story-telling on verbal intelligence and vocabulary of
preshoolers (case study: Sar-Pol_Zabhab City, 2013-2014).J.appl.environ.biol.sci, 4(12)127- 132, 2014 ©2014, Test Road Publication.
Rusdinal,dkk. (2005). Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Santrock, J.W. (2011). Masa perkembangan anak buku 1 edisi 11. Jakarta: Salemba
Humanika.
Suhartono. 2005. Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Upton, P. (2012). Psikologi perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Wiyani, N.A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini panduan bagi orang tua
dan pendidik PAUD dalam memahami serta mendidik anak usia dini.
Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor. Indonesia
Published
2017-12-29
How to Cite
PEBRIANA, Putri Hana. Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 59-67, dec. 2017. ISSN 2549-8959. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi/article/view/512>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles