Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A

  • Isabella Hasiana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aniek Wirastania Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Pemahaman konsep bilangan merupakan sesuatu yang sangat penting khususnya bagi anak usia dini. Hal ini dikarenakan bilangan selalu kita gunakan sepanjang proses kehidupan. Selain itu memahami bilangan merupakan langkah awal dari pelajaran matematika, tanpa pemahaman akan bilangan, maka seorang anak akan mengalami kesulitan dalam tahapan pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan siswa  kelompok A melalui program bimbingan menggunakan media musik. Dengan menggunakan metode penelitian  quasi experimental design  (eksperimen semu). Penggunaan metode quasi experimental design dilakukan agar dapat mencapai tujuan penelitian. Desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalen pretest-posttest control group design yang dilakukan dalam uji lapangan program bimbingan menggunakan media musik dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak Kelompok A di TK Lintang Surabaya . Hasil penelitian ini dianalisa dengan rumus Uji T yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh dengan sig (0,000) < 0,05 yang berarti ada perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam mengenal lambang bilangan dengan menggunakan musik. Maka dapat disimpulkan bahwa program bimbingan dengan menggunakan media musik yang telah disusun dapat dikatakan memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti. 2016. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya. Jurnal PGPAUD STKIP PTT Volume 2 Nomer 1 Tahun 2016 Halaman 90-99.
Apriliani, 2013. Penerapan Model Number Head Together Dengan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal
Konsep Bilangan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja
Coupley. 2001. The Young Child and Matematics. National Associacion for the Education of Young Children.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonsia Nomor 58 Tahun
2009, tentang Standar Pendidikan
Anak Usia Dini. Jakarta
Pradana 2016. Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Paud Tambusai Volume 2 Nomor 2 Halaman 8-17.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta]
Sujiono. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka. Jakarta
Sriningsih. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas. Bandung
Supadmi. 2012. Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penggunaan Media Lotto Angka pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
https://witarafianti.wordpress.com/2016/04/21/media-yang-digunakan-dalam-proses-belajar-bimbingan-konseling-anak-di-sekolah/
Published
2017-12-28
How to Cite
HASIANA, Isabella; WIRASTANIA, Aniek. Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 51-58, dec. 2017. ISSN 2549-8959. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi/article/view/476>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles