Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

  • Aisyah Aisyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Dunia penuh dengan warna, dan anak-anak sangat menyukai warna- warna. Apalagi warna-warna yang sangat cerah. Ketika memasuki usia pra sekolah, saat mewarnai gambar mereka juga suka menggunakan warna-warna yang cerah seperti merah, kuning, biru, atau warna-warna pelangi (mejikuhibiniu). Padahal di dunia ini tidak hanya terdapat warna tersebut, tetapi ratusan bahkan mungkin bisa ribuan warna. Sehingga ketika mereka mewarnai gambar (misalnya dengan krayon yang berjumlah 12 warna) yang terlihat hanya sebatas warna yang ada . Mereka kurang tahu atau bahkan mungkin belum tahu bahwa dari ke-12 warna yang ada mereka bisa mendapatkan warna-warna lain yang baru.Dari kenyataan yang ada tersebut di atas, maka penulis ingin mengajak anak-anak untuk mengenal macam-macam warna lebih banyak lagi melalui permainan warna supaya mereka bisa berkreativitas dan berani mencampur  warna-warna yang sudah ada untuk membuat warna-warna lain yang baru supaya lebih kreatifi dalam mewarnai gambar. ajikan dalam bentuk tabel.


Penelitian  ini bertujuan untuk membuktikan bahwa permainan warna yang diberikan kepada siswa Taman Kanak-Kanak  dapat meningkatkan kreativitas anak dalam mewarnai gambar. Saat siswa diberi pre test mewarnai gambar dan saat siswa diberi post test mewarnai gambar maka, setidaknya akan terbukti bahwa permainan warna dapat meningkatkan kreativitas mereka dan hal ini dapat  menjadi  masukan  bagi  para pendidik pada umumnya dan para guru anak usia dini pada khususnya sehingga mereka dapat mengetahui  permainan warna  yang  bagaimana yang bisa meningkatkan kreativitas anak Usia Dini. Adapun manfaat Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan dalam rangka pemahaman adanya kegiatan permainan warna dalam meningkatkan kreativitas anak Usia Dini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik check list dan observasi, dan diolah dengan cara nonstatistik atau bisa juga disebut sebagai analisis statistik sederhana dengan cara mencari persentase.


 


 Kata Kunci: Permainan Warna,  Kreativitas, Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti. dkk.(2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, A. (2016). Peningkatakan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya.Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 2(1), 90-99
Fauziddin, M. (2014). Pembelajaran PAUD, Bermain, Cerita, dan Menyanyi Secara Islami.
Harsini. (2006). Kerajinan Tangan dan Kesenian Sekolah Dasar Kelas 1. Jakarta: Widya Utama.
Hasan, Maimunah. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Hawadi, Reni Akbar. (2004). Psikologi Perkembangan Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo.
Maskur. (2008). Pendidikan Anak Usia Dina Makalah. Tersedia pada pakdesofa.blog.plasa.com/archeves/date/2008/07/page/2-39. Diakses pada 1 Pebruari 2009.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Monks, F.J., Knoers, A.M.P., Haditono, Siti Rahayu. (2006). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Mutiah, Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Published
2017-12-26
How to Cite
AISYAH, Aisyah. Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 38-43, dec. 2017. ISSN 2549-8959. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi/article/view/324>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles