Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Di RA Masythoh Singkir Wonosobo

  • Hidayatu Munawaroh Universitas Sains Alquran Jawa Tengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Englek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan  Anak Usia Dini di RA Masythoh Singkir Wonosobo, Mengetahui Pelaksanaan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engglek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di RA Masythoh singkir Wonosobo.  Mengetahui Model Pembelajaran  dengan Permainan Tradisional Engglek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di RA  Masythoh singkir Wonosobo.


Jenis penelitian adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Masythoh singkir Wonosobo. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan:  Observasi, Wawancara dan Dokumentasi


Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran permainan engklek ini diantarkan dengan adanya cerita dengan bantuan poster,menyanyi bersama,tanya jawab, menebak gambar dan bermain puzzle tema macam-macam profesi. (2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Permainan  engklek yang dapat menstimulasi aspek perkembangan  Anak Kelompok B di RA Masythoh Singkir Wonosobo dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, setiap pertemuan ada empat macam kegiatan yang dilakukan  sesuai dengan RKH, hasil rata-rata skor indikataor aspek perkembangan  anak mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. menunjukan  bahwa rata-rata aspek nilai moral agama 2,51(kurang baik)  menjadi 2,87 (baik), aspek bahasa skor rata-rata diperoleh 2,49(kurang baik) menjadi 2,88(baik), aspek social emosional skor rata-rata diperoleh 2,55(baik) menjadi 2,85(baik), aspek fisik motorik diperoleh skor rata-rata 2,64(baik) menjadi 2,91(baik) . hasil masing-masing rata-rata dari setiap indicator mengalami peningkatan aspek perkembangan anak. (3) Keefektifan model pembelajaran menggunakan permainan engklek efektif. Keefektifan ini ditujukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan t tes


Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran dengan dengan Permainan Tradisional Engglek efektif untuk Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di RA Masythoh singkir Wonosobo, model pembelajaran berupa Permainan Tradisional Engglek. Disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di Taman Kanak-kanak yang kecakapan Aspek Perkembangan Anak Belum Berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Yunus. 1981, Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri Nourovita, Aulia Rifki. Efektivitas Permainan Tradisional Jawa dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial pada Anak Usia 4-5 tahun di Kecamatan Suruh ,(Early Childhood Education Papers ( Belia) 2. 2013) (1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia
Sugiyono, 2008metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatfi, dn R&D. Bandung alfabeta.
Samsudi. 2009, desain penelitian pendidikan. semarang: UNNES Press.
Thiagarajan, s,1974. Dan Others. intructional development for teacher of exceptional children. Bloomington: indiana university,
Sugiyono , 2008, metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatfi, dn R&D. Bandung alfabeta,
Purwanto.. 2013, Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Sugiyono. Metode penelitian Pendidikan, pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung:
Alfabeta,2010
Published
2017-11-13
How to Cite
MUNAWAROH, Hidayatu. Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Di RA Masythoh Singkir Wonosobo. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 6-17, nov. 2017. ISSN 2549-8959. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi/article/view/304>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles