Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran

  • Helly Apriyanti IKIP PGRI Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Perencanaan Pembelajaran. Apakah guru secara  menyeluruh memahami bagaimana perencanaan pembelajaran atau ada yang kurang paham sehingga dapat ditindaklanjuti dengan pelatihan-pelatihan dalam perencanaan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket kepada guru PAUD di Kecamatan Ajung. Angket ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar pemahaman guru terhadap perencanaan pembelajaran. Angket ini angket yang memberikan dua kategori yaitu paham dan kurang paham. Dari hasil analisis data  diperoleh kesimpulan bahwa guru yang sudah paham sebanyak 79,64% dan kurang paham 20,36%. Dengan demikian tingkat pemahaman guru PAUD terhadap perencanaan pembelajaran sudah cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati, Luluk. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung : Rosda
Aqib, Zainal. (2010). Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Bandung : Nuansa Aulia
Fauziddin, Mohammad. (2014). Pembelajaran PAUD. Bandung : Rosda
Furqon. (2004). Statistik Terapan untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Hamalik, Oemar. (2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Hermawan, Asep H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : UT
Ibrahim, R & Sukmadinata N.S. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Kurinasih, Imas dan Sani, Berlian.(2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013.Yogyakarta. Kata Pena.
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Rosda
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung : Rosda.
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung : Rosda
Nasution, S. (1999). Kurikulum dan Pengajaran. Bandung : Bumi Aksara
Published
2017-12-06
How to Cite
APRIYANTI, Helly. Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 31-37, dec. 2017. ISSN 2549-8959. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi/article/view/297>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles