Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI

  • Hasmalena Hasmalena Universitas Sriwijaya Palembang
  • Mahyuni Rantina Universitas Sriwijaya Palembang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas pada mahasiswa PG-PAUD FKIP Unsri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 40 orang terdiri dari 38 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisa data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan cerita rakyat dalam mata kuliah seni tari dapat meningkatkan kreativitas, terbukti dengan pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Pada siklus 1 pertemuan 1 aspek kelancaran berada pada kategori 63,33%, keluwesan berada pada kategori 58,33%, orginalitas berada pada kategori 54,16%, mengelaborasi berada pada kategori 55,83%, sistematis berada pada kategori 57,5%. Kedua pada siklus pertama pertemuan kedua, pada aspek kelancaran sebesar 66,66%, aspek keluwesan sebesar 71,66%, aspek orginalitas sebesar 74,16%, mengelaborasi sebesar 72,5%, sistematis sebesar 69,16%. Ketiga pada siklus 2 pertemuan 1 pada aspek kelancaran sebesar 79,16%, keluwesen sebesar 75%, originalitas sebesar 77%, mengelaborasi sebesar 78%, sistematis sebesar 83%. Keempat pada siklus 2 pertemuan 2, aspek kelancaran sebesar 80%, keluwesan sebesar 80,83%, orginalitas sebesar 80,83%, mengelaborasi sebesar 84,16%, dan pada aspek sistematis sebesar 85%. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa dengan cerita rakyat dalam mata kuliah seni tari dapat meningkatkan kreativitas pada mahasiswa PG-PAUD FKIP Unsri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, A. (2016). Peningkatakan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya.Jurnal Obsesi, 2(1), 90-99
Depdiknas. 2006. Undang-Undang Guru dan Dosen serta Standar Nasional Pendidikan Tahun 2005. Jakarta.Penerbit CV Tamita Utama.
Edi Setyowati, 1986. Pengetahuan Elemen Tari Dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian.
Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi, 1(1), 42-51
Mills, E Geoffrey E. 2003. Action Research . Ohio: Pearson Merill Pretice Hall.
Muhammad, As’adi. 2010. Bila Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang. Jogjakarta: Diva Press
Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keterbakatan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Nurmalina, N. (2016). Hubungan Penerapan Bahasa Indonesia dengan Pengembangan Kepribadian Peserta Didik PAUD Kualu Ceria. Jurnal Obsesi, 2(1), 73-78.
Zainal Aqib, 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SD, dan TK. Bandung: Yrama widya
Published
2017-10-01
How to Cite
HASMALENA, Hasmalena; RANTINA, Mahyuni. Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-5, oct. 2017. ISSN 2549-8959. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi/article/view/231>. Date accessed: 19 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.2155/obsesi.v1i2.231.
Section
Articles