FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN JAMBAN KELUARGA DALAM PROGRAM PAMSIMAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BARUAH GUNUANG TAHUN 2015

  • Nislawaty Nislawaty STIKes Tuanku Tambusai Riau

Abstract

Berdasarkan deklarasi Johannesburg bahwa tahun 2015 separuh dari penduduk dunia harus mendapatkan akses sanitasi dasar (jamban). Penetapan ini mendorong pentingnya program untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perlunya pemilikan dan penggunaan jamban. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan jamban keluarga dalam program pamsimas wilayah kerja baruah gunuang tahun 2015. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional populasi penelitian adalah semua Kepala Keluarga (KK) di Nagari Baruah Gunuang sebanyak 2730 KK dengan sampel 97 KK yang diambil secara sistematik random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah Univariat dan Bivariat, dengan uji chi- square. Hasil uji statistik dapat disimpulkan tidak adanya hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan dengan pemanfaatan jamban p value 0,080 < 0,05, adanya hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan, sikap, dan peran petugas kesehatan dengan pemanfaatan jamban (p value = 0,008, p value = 0,049, p value = 0,009. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya memberikan informasi sanitasi atau penyuluhan kepada masyarakat tentang selalu memanfaatan jamban, memberikan jamban percontohan yang memenuhi syarat kesehatan memicu masyarakat selalu memanfaatkan jamban setelah program PAMSIMAS selesai dengan bantuan Petugas Kesehatan.

Published
2016-09-15
How to Cite
NISLAWATY, Nislawaty. FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN JAMBAN KELUARGA DALAM PROGRAM PAMSIMAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BARUAH GUNUANG TAHUN 2015. Jurnal Kesehatan Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 32-51, sep. 2016. ISSN 2406-9159. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/kesmas/article/view/274>. Date accessed: 21 feb. 2018.
Section
Articles