PENGARUH METODE PENYULUHAN DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL PADA KELAS PRENATAL DI PUSKESMAS BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR

Abstract

Salah satu program kesehatan yang diharapkan turut berperan dalam meningkatkan pengetahuan adalah melalui penyuluhan. Namun, hingga saat ini kegiatan penyuluhan tersebut belum menunjukkan hasil yang optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode penyuluhan terhadap pengetahuan ibu hamil tentang deteksi dini kehamilan risiko tinggi, baik dengan metode ceramah dengan leaflet maupun ceramah dengan slide. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy-experiment) dengan rancangan pretest-postest group design. Penelitian dilakukan di Puskesmas Bangkinang Kota. Populasi penelitian 78 orang. Penentuan sampel secara purposive sampling yang berjumlah 66 orang. Sampel dibagi dua kelompok yaitu kelompok cermah dan leaflet dan kelompok ceramah dan slide yang jumlahnya masing-masing 33 orang. Analisis data dilakukan dengan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan rerata nilai pengetahuan responden sebelum dan sesudah penyuluhan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penyuluhan dengan menggunakan metode ceramah dan slide lebih bermakna dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang deteksi dini kehamilan risiko tinggi. Rerata nilai pengetahuan sesudah pemberian penyuluhan dengan metode ceramah dan leaflet 78,33 dan metode ceramah dan slide 88,48 dengan nilai p value = 0,000. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penyuluhan dengan kedua metode tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil. Metode ceramah dan slide dapat dijadikan sebagai satu alternatif dalam pelaksanaan penyuluhan.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Depkes, (2008). Angka Kematian Maternal dan Neonatal.
http://www.depkes.go.id/index.php/berita/press-release/790 diakses tanggal 22 Juli 2014
Dinkes. (2013). Laporan Angka Kematian Ibu Tahun 2013.
Fadlun, dkk. (2012). Asuhan Kebidanan Patologis. Jakarta: Salemba Medika.
Hidayat, A. (2007). Metode Penilitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Jannah, Nurul. (2012). Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Yogyakarta: ANDI.
Maya, Maulida Sari (2009). Pengaruh Penyuluhan Manajemen Laktasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Bidan tentang Manajemen Laktasi Di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. http://www.jurnalilmiahkebidanan.publisher.co.id /penelitian.pdf. diakses tanggal 11 Juli 2014
Nasir, ABD. Dkk. (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Nurjannah, (2009). Pengetahuan ibu hamil tentang kehamilan risiko tinggi http://Grahacendikia.Wordpress.Com/2010/05/15/Tingkat- diakses tanggal 22 Juli 2014
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Kesehatan. Jakarta : CV Info Medika.
Pratiwi. Adhe Indah. (2013). Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Risiko Tinggi Kehamilan Di BPS Siti Mursidah Sumber Lawang Sragen tahun 2013. KTI
Prawiroharjo, Sarwono. (2009). Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka.
Pulungan, Ramondang.(2007). Pengaruh Metode Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dokter Kecil dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah (PSN-DBD) Dikecamatan Helvetia Tahun 2007. TESIS
Saifuddin. (2006). Panduan Pelayanan Kesehatan Meternal dan Neonatal. Jakarta: EGC.
Rahayu, Siti. (2012). Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Resiko 4 (Empat) Terlalu Di Puskesmas Rejosari Pekanbaru Tahun 2012. KTI
Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suririnah. (2007). Anda Termasuk Kehamilan Risiko Tinggi. http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=91 diakses tanggal 22 Juli 2014.
Syamsuryad. (2011). Bab III Metodologi Penelitian. http://jtptunimus-gdl-syamsuryad-5917-3-babiii.pdf diakses tanggal 30 Juli 2014.
Uswatun, dkk (2013). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil tentang kelas Ibu Hamil Dengan Motovasi Mengikuti Kelas Ibu hamil di Puskesmas 2 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. http://www.jurnalilmiahkebidanan.publisher.co.id /penelitian.pdf. diakses tanggal 11 Juli 2014.
Wawan, dkk. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Prilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.
Widyapani, dkk (2013). Pengaruh Penyuluhan Kelas Prenatal Plus Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. http://www.jurnalilmiahkebidanan.publisher.co.id /penelitian.pdf. diakses tanggal 11 Juli 2014.
Yeyeh, Ai. Dkk. (2009). Asuhan Kebidanan IV (Patologi Kebidanan). Jakarta : Trans Info Media.
Published
2017-11-01
How to Cite
SYAFRIANI, Syafriani; INDRAWATI, Indrawati. PENGARUH METODE PENYULUHAN DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL PADA KELAS PRENATAL DI PUSKESMAS BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Doppler, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 77-86, nov. 2017. ISSN 2580-3123. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/doppler/article/view/491>. Date accessed: 21 feb. 2018.
Section
Articles