HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU YANG MEMILIKI ANAK USIA 6-24 BULAN DENGAN TINDAKAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DI PUSKESMAS KUOK

Abstract

MP ASI adalah  makanan atau minuman yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI. Dari hasil beberapa penelitian menyatakan bahwa keadaan kurang gizi pada bayi dan anak disebabkan karena kebiasaan pemberian MP-ASI yang tidak tepat. Keadaan ini memerlukan penanganan tidak hanya dengan penyediaan pangan, tetapi dengan pendekatan yang lebih komunikatif sesuai dengan tingkat pendidikan dan kemampuan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan pengetahuan ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan dengan tindakan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 86 orang ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan yang berkunjung ke Puskesmas Kuok. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil uji kolmogorof smirnov diperoleh nilai p < 0.05, hal ini menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan terhadap tindakan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) di Puskesmas Kuok. Dengan demikian diharapkan kepada ibu-ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan agar dapat meningkatkan pengetahuannya tentang Makanan Pendamping ASI dan memperbaiki tindakan pemberian Makanan Pendamping ASI.


 

References

Dahlia, M & Ruslianti. (2008). Variasi Bubur Susu untuk Usia 4-12 Bulan. Jakarta: Agromedia Pustaka.
IBI. (2010). Materi Seminar Srikandi Kesehatan Sari Husada. Jakarta: Sari Husada.
Pertiwi, Dian. (2009). Makanan Padat Pertamaku. Jakarta: PT Nestle
Proverawati, A & Asfuah, S. (2009). Buku Ajar Gizi untuk Kebidanan. Yogyakarta: Mutia Medika.
Rozita. (2009). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6-12 Bulan di Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang.
Susanti, Yuwita. (2008). Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian MP-ASI Terhadap Anak Usia di Bawah 2 Tahun di Puskesmas Harapan Raya.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Notoadmodjo, Soekidjo. (2007). Ilmu dan Seni Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoadmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahayou. (2008). Permasalahan dalam Pemberian Makanan Bayi. Diperoleh tanggal 9 Juli 2016 dari http://www.cahayoupunyablog.com.
Published
2017-11-01
How to Cite
DHILON, Dhini Anggraini. HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU YANG MEMILIKI ANAK USIA 6-24 BULAN DENGAN TINDAKAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DI PUSKESMAS KUOK. Jurnal Doppler, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 41-45, nov. 2017. ISSN 2580-3123. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/doppler/article/view/486>. Date accessed: 21 feb. 2018.
Section
Articles