Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok DienesSiswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota

  • Rizki Ananda Prodi PGSD, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan bahwa dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi, disebabkan alat peraga yang terbatas, walaupun ada alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, guru kurang mengerti cara menggunakannya. Sehingga siswa sulit memahami konsep-konsep penguragan bilangan cacah. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran, maka digunakanlah Blok Dienes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017.Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 016 Bangkinang Kota dengan jumlah siswa 29 orang, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 17 orangsiswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan, 4) refleksi. Pembelajaran dengan menggunakan Blok Dienes dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu 1) tahap enaktif, 2) tahap ikonik, 3) tahap simbolik.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Blok Dienes dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada pembelajaran penguragan bilangan cacah dalam mata pelajaran matematika kelas I SDN 016 Bangkinang Kota.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dienes, Z.P. 2009. Brief Notes on Zoltan Diene’s Six- Stage Theory of Learning Mathematics.http://www.zoltandienes.com

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Harun,Mardiah, dkk. 1999. Pendidikan Matematika I. Padang: FIP UNP.

Jumanta, Tety R. 2006. Menguasai Rumus Matematika SD. Jakarta: Tanda Baca.

Karim, Muchtar A. dkk. 1996/1997. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdikbud.
Murniati, Endang. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di SD. Surabaya: Intelektual Club.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Rokhiyah, Isti. 1999. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ruseffendi. E.T. 1997. Pengajaran Matematika Modern Seri 4. Bandung: Tarsito.

Sadiman, Arif S, dkk. 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannyan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Sumantri,Mulyani, dkk. 2004. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran Pendekatan Individual. Bandung: Wacana Prima.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardhani, I.G.A.K. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rizki Ananda, M.Pd.
Published
2017-05-23
How to Cite
ANANDA, Rizki. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok DienesSiswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 11, may 2017. ISSN 2579-9258. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/89>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.