ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTS NEGERI SUNGAI TONANG

Analisis Kesalahan, Persamaan Linear Dua Variabel

  • Zulfah Zulfah Prodi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Persamaan linear dua variabel merupakan materi yang wajib dipelajari dan dipahami agar dapat dengan mudah menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel yangmana dipelajari di kelas VIII SMP/MTs. Pada saat ini, terdapat peserta didik yang dapat menentukan penyelesaian dari dua persamaan matematika yang diberikan, baik menggunakan metode substitusi, eliminasi, maupun melalui grafik. Namun jika permasalahan yang diberikan dalam bentuk soal cerita maka peserta didik akan kewalahan dalam mengubah soal tersebut menjadi beberapa persamaan guna dapat dicarikan penyelesaiannya. Peserta didik tidak memahami bahwasanya setiap variabel dalam persamaan memiliki makna. Oleh sebab itu maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel MTs Negeri Sungai Tonang”. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan desriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan kesalaha-kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan besar kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan menggunakan angka. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan Persamaan linear dua variabel adalah kesalahan prinsip diikuti kesalahan konsep dan kesalahan keterampilan.

References

1. Manibuy R, Retno D, Saputro S. Soalpersamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X Sma Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua. 2014;2(9):933–46.
2. Abidin Z. Pendidikan Matematika Fakultas. J Ilm Didakt. 2012;Xiii(1):183–96.
3. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta.
4. Bell, F.H. (1982). Teaching And Learning Mathematics (In Secondary School), Wm. C. Brown Company Publisher, Lowa.
Published
2017-05-29
How to Cite
ZULFAH, Zulfah. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTS NEGERI SUNGAI TONANG. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2017. ISSN 2579-9258. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/74>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.