ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI RIAU TAHUN AJARAN

  • Astuti Astuti Mrs.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana letak kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar struktur aljabar yang dialami oleh mahasiswa agar nilai struktur aljabar lebih baik dan memuaskan sehingga mahasiswa termotivasi untuk mengikuti mata kuliah struktur aljabar.


Subjek penelitian yang diambil yaitu mahasiswa semester III tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, metode observasi dan metode wawancara. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang daftar nama mahasiswa yang dijadikan susbjek penelitian. Metode tes digunakan untuk memperoleh data penyelesaian mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar.metode observasi diguankan untuk mengetahui kondisi objektif saat kegiatan belajar mengajar struktur aljabar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui secara jelas permasalahan yang dihadapi mahasiswa ketika belajaar struktur aljabar.


Letak kesulitan mahasiswa dalam belajar struktur aljabar yaitu pada bagian pemecahan masalah, konsep dan keterampilan. Kesulitan yang paling tinggi dialami oleh siswa adalah pada bagian pemecahan masalah dengan persentase 62,5%. Kesulitan lain yang dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan dalam konsep dengan persentase 50%. Kesulitan yang terkahir dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan pada keterampilan dengan persentase 45,7%.

References

Abdurrahman, Mulyono.1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anurahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: AlfabetaArikunro, Sukarsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Furqon, Lailul. 2007. “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Malang pada Pokok Bahasan Lingkaran dan Pengajaran Remedialnya”
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nisa’, Khoirun. 2011. “Analisis Kesulitan Bealajar Matematika pada peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTs Negeri bonang Tahun Pelajaran 2010/2011”
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sugiono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujana, Nana. 2008. Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda karya
Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo
Syamsuddin, Abin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya
Wakitri. 1990. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika
Published
2017-05-29
How to Cite
ASTUTI, Astuti. ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI RIAU TAHUN AJARAN. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2017. ISSN 2579-9258. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/73>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.