MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS

  • Memen Permata Azmi Dosen Pendidikan Matematika, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan objek penelitian yaitu kemampuan analogi matematis siswa dalam memahami dan meyelesaikan masalah  matematika. Adapun yang menjadi fokus kajian literatur ini yaitu: (1) mendeskripsikan pengertian analogi (2) menggali proses bernalar menggunakan analogi, (3) menyusun permasalahan yang mengedepankan kemampuan analogi dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan ketiga fokus tersebut dihasilkan profil analogi yang akan memberikan gambaran mengenai proses berpikir analogi. Gambaran ini dapat dijadikan panduan pendidik dalam mengembangkan kemampuan analogi matematis siswa, Selain itu, gambaran mengenai kemampuan analogi matematis juga bisa dijadikan dasar berpijak untuk melakukan penelitian secara empiris menggunakan berbagai model dan pendekatan pembelajaran yang dapat memaksimalkan kemampuan analogi matematis siswa.

References

Akhadiah, S. 2011. Logika dan Penalaran Ilmiah, Filsafat Ilmu Lanjutan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Azmi, M. P. 2015. Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi dan Komunikasi Matematik Siswa SMP. (Tesis). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Dahlan, J. A. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
English, L. D. 1999. Reasoning by Analogy, pada Stiff, L.V, & Curcio, F. R. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12. Reston: NCTM.
English, L. D. 2004. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Herdian. 2010. Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMP. (Tesis). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Isoda, M. & Katagiri, S. 2012. Mathematical Thingking How to Develop it in Classroom. Singapore: World Scientific.
Kariadinata, R. 2012. Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matemtika STKIP Siliwangi Bandung.
Loc, N. P. & Uyen, B. P. 2014. Using Analogy in Teaching: an Investigation of Mathematics Education Students in School of Education. International Journal of Education dan Research Vol. 2 No. 7.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Novick, L. R. & Holyoak K. J. 1991. Mathematical Problem Solving by Analogy, Learning, Memory, and Cognition, 398-415. Journal of Experimental Psychology: American Psychological Association Inc.
Shadiq, F. 2013. Penalaran dan Analogi? Pengertian dan Mengapa Penting? Artikel Widyaiswara PPPPTK Matematika.
Soekardijo, G.R. 1999. Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif. Jakarta: Gramedia.
Sumarmo, U. 2013. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.
Suriadi. 2006. Pembelajaran dengan Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. (Tesis). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Suriasumantri, J.S. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Published
2017-05-24
How to Cite
AZMI, Memen Permata. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 100-111, may 2017. ISSN 2579-9258. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/124>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.