PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

  • Rena Revita Dosen Pendidikan Matematika, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zubaidah Amir MZ Dosen Pendidikan Matematika, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif model think-pair-share dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model think-pair-share, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah test-t untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan dan uji peningkatan N-Gain untuk melihat bagaimana perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (eksperimen) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (kontrol). Hal ini terlihat dari nilai t0 yang diperoleh yaitu 2,085 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,99. Didukung oleh nilai rata-rata kelas yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 66,375 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 53,875. Pembelajaran kooperatif model think-pair-share juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa yang terlihat berdasarkan hasil analisis dengan uji peningkatan N-Gain yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share mengalami peningkatan sebesar 0,607 lebih tinggi dibandingkan peningkatan yang diperoleh kelas kontrol yaitu sebesar 0,432

References

Ali Mahmudi. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal MIPMIPA UNHALU, Volume 8, No 1.

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning, Jakarta:Penerbit Grasindo.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas. Jakarta.

Firdaus. 2005. Meningkatkan kemampuan komunikasi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Dalam Kelompok Kecil tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pengekatan Bebasis Masalah. Tesis PPS UPI Bandung, Tidak Diterbitkan.

Halmaheri. 2004. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa sltp Melalui Strategi Think-Talk-Write Dalam Kelompok Kecil. Tesis PPS UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Muhammad Thobroni. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Published
2017-04-21
How to Cite
REVITA, Rena; MZ, Zubaidah Amir. PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-8, apr. 2017. ISSN 2579-9258. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/101>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.