Artikel yang ditulis untuk Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika meliputi hasil pemikiran (untuk pakar pendidikan matematika) dan hasil penelitian di bidang pendidikan matematika.

  1. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran font 12, dengan spasi 1,5, spasi setelah heading 3pt dan spasi sebelum heading yang baru adalah 6pt, diketik pada kerta A4 dengan format 1 kolom dan margin 2,5 cm untuk atas, bawah, kiri, dan kanan. manuscript ditulis 11pt sepanjang maksimum 20 halaman, dan Berkas (file) dibuat dengan Microsoft word.
  2. Nama penulis artiket dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan dibawah judul artikel yang diikuti nama lembaga asal serta alamat e-mail. Jika penulis terdiri dari 4 orang atau lebih, yang dicantumkan dibawah artikel adalah nama penulis utama; nama penulis-penulis lainnya dicantumkan pada tulisan kaki halaman pertama naskah. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyuntingan hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama.
  3. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali pada bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf besar ditengah-tengah, dengan ukuran font 14. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan ukuran dan ketebalan huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau dan tebal miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian: (1) PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI) (2) Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata tepi Kiri) (3) Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-miring, Rata Tepi Kiri)
  4. Sistematika artikel hasil pemikiran adalah : judul, nama penulis(tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 100 kata); kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisikan latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi dalam beberapa sub-pokok bahasan); penutup atau kesimpulan; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  5. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  6. Penulisan   naskah   dan   sitasi   yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan  aplikasi  referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. Artikel wajib merujuk 5 jurnal  [Times New Roman, 12, normal], spasi 1. (rujuk pada pedoman penulisan).
  7. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Artikel bahasa Inggris menggunakan ragam baku.
  8. Semua naskah ditelaah secara anonym oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan dan penolakan naskah akan diberitahukan melalui e-mail.
  9. Artikel dikirim paling lambat 2 (dua) bulan sebelum bulan penerbitan.
  10. Pemeriksaan dan penyuntingan artikel dikerjakan oleh penyunting dan/atau dengan melibatkan penulis.
  11. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software Komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang berkaitan dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikelnya tersebut.
  12. Download template artikel jurnal disini