PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rizki Ananda M.Pd Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Studi ini berawal dari kenyataan bahwa dalam proses pembelajaran siswa hanya duduk diam, dengarkan, dan catat materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini karena guru tidak mampu mengembangkan model pembelajaran yang dapat memungkinkan pembelajar yang optimal dalam proses pembelajaran. Model koperasi STAD adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 5 atau 6 peserta didik. Model pembelajaran dilakukan melalui enam tahap, mulai dari materi presentasi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, hasil ujian kerja kelompok, tes perorangan, ujian, hasil tes dan penghargaan kelompok. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR) dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui studi reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas peserta didik dari 62,5% siklus pertama menjadi 81,25% Rapat 1 Pertemuan 2 pada siklus I dan 90,6% pada siklus II. Sementara itu studi siswa juga meningkat dari rata-rata 72,2 pada siklus I menjadi 80,7 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu sosial di kelas V SDN 29 Kabupaten Gunung Sarik Kuranji Kota Padang.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.
Ischak S.U, dkk. (1997). Buku Materi Pokok Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Depdikbud.
Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurasma. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Nur, Mohammad. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur: LPMP.
Purwanto, Ngalim. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Solihatin, Etin. (2005). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardhani, I.G.A.K. dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2017-11-23
How to Cite
M.PD, Rizki Ananda. PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 91-100, nov. 2017. ISSN 2580-1147. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/basicedu/article/view/586>. Date accessed: 21 feb. 2018.