Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Kelas IV SDN 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

  • Citra Ayu M.Pd Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui penerapan metode peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model pembelajaran pemrosesan informasi siswa kelas IV SDN 012 Naumbai Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilaksanakan 2 bulan mulai dari bulan Mei hingga bulan Juli 201. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan beberapa hal yaitu tahapan perbaikan proses pelaksanaan keterampilan membaca pada siklus I. Dilihat ketuntasan belajar siswa individu menunjukkan nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 60,4, sedangkan nilai rata-rata ketuntasan siswa siklus I adalah 70,8. Dilihat ketuntasan belajar siswa individu mengajukan bahwa 17 orang atau 20,8% siswa sudah tuntas, dan yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 7 orang atau 19,2%. Keadaan ini menunjukkan bahwa ketuntasan siswa belajar secara klasikal belum tercapai. Pada siklus II dapat diketahui setiap individu sangat baik 100% (24 siswa)telah mencapai target yang telah diharapkan yaitu sesuai KKM. Selain itu nilai aktivitas siswa siklus II dengan 10 aspek yang dijadikan penilaian rata-rata keseluruhan aspek adalah 92,9 atau dengan ketuntasan 100% dengan kategori baik. Dari data ini membuktikan bahwa hipotesis peneliti yang berbunyi bahwa dengan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran pemrosesan informasi siswa kelas IV SDN 012 Naumbai Kecamatan Kampar “diterima”. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran pemrosesan informasi kemampuan melalui model pembelajaran pemrosesan informasi siswa kelas IV SDN 012 Naumbai Kecamatan Kampar

References

ArikuntoSuharsimi,dkk.(2010).PenelitianTindakanKelas.Jakarta:PTBumiAksara.

Gagne, Robert.M.1975. Essentials of Learning for Instruction. Terjemahan Abdillah Hanafi dan Abdul Manan, 1988. Surabaya: Usaha Nasional.

Gunter, M. A., Estes, T.H., & Schwab, J.H. 1990. Instruction; A Models Approach. Boston: Allyn and Bacon.

Henry, Guntur Tariga. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hidayat, Kosadi dkk. 1987. Strategi Belajar mengajar bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta

Hilda, Taba. 1965. Teaching of Thinking. Elementary English.

Hodgson, FM. 1960. Learning Modern Languages. London: Routledge & Hegan Paul.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Joyce, Bruce dan Weil Marsha. 1980. Model of Teaching. Prentice-Hall inc.New Jersey

Langeveld. 1978. Pedagogik Teoritis Sistematis. Jakarta. Pengrang.

Molenda, Michael. 2003. In Search of Elusive ADDIE Model. Indiana University.

Oemar, Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Permendiknas Nomor 41 tahun 2007. Standar Proses. Jakarta: BSNP

Rofiudin, Ahmad. 1998. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta : Depdikbud.

Seel, Barbara B. Dan Richey, Rita.C. 1994. Instructional Technology. Washington.

Suciati. 2003. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharmi, Arikunti. 1992. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Toeti, Soekamto dan Udin saripudin Winataputra. 1995. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kharisma Putra Utama

Wardani, IG.A.K. 2008. Perspektif Pendidikan SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wasty, Soemanto. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Winkel, WS.1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Yatim, Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran; sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Jakarta; FajarInterpratama Offset.
Published
2017-11-23
How to Cite
M.PD, Citra Ayu. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Kelas IV SDN 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 82-90, nov. 2017. ISSN 2580-1147. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/basicedu/article/view/564>. Date accessed: 21 feb. 2018.