Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Belajar Menulis Terbimbing Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II SDN 002 Panam

  • Wida Rianti M.Pd Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena rendahnya hasil keterampilan menulis terbimbing pada proses pembelajaran menulis terbimbing siswa masih banyak yang belum lancar dan sulit memahami materi, terlihat dari hasil belajar menulis terbimbing masih banyak memperoleh nilai kurang bahkan ada yang dibawah KKM untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran yang sesuai yaitu dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II SDN 002 panam kota Pekanbaru . Subjek penelitian yaitu kelas II yang berjumlah 6 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian beberapa perangkat pembelajaran dan alat pengumpul data (lembar kisi-kisi soal dan lembar observasi siswa).Hasil penelitian membuktikan bahwa daya serap siswa pada siklus 1 sebelum menggunakan media gambar adalah kategori sangat rendah yang mana hasil belajar yang tuntas hanya 2 orang (33%) sedangkan yang tidak tuntas 4 orang (66%). Setelah menggunakan media gambar adalah kategori sangat tinggi yang mana hasil belajar yang tuntas 5 orang (83%) yang tidak tuntas 1 orang (17%). Pada siklus II meningkat setelah menggunakan media gambar adalah kategori amat baik yang mana hasil belajar siswa yang tuntas 6 orang (100%) dan yang tidak tuntas tidak ada (0%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dalam kemampuan menulis terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris pada siswa kelas II SDN 002 panam Pekanbaru

References

Alwi, H. 1992. Tata Bahasa Baku Bahasa inggris Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqip, Zainal dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV Yrama Widya.
Bestari. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Blora. Surabaya: Universitas Terbuka.
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Jakarta: Depdiknas.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa inggris Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, S, B. 2006. Srategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dzaki, F, M. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia.
Faizah, H. 2009. Menulis Karangan Ilmiah. Pekanbaru. Cendikia Insani.
Fitriyani, Dian. 2014. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa inggris Siswa Kelas II SDN 024 Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Bangkinang. STKIP PTT.
Iskandarwassid, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran inggris Jakarta: Rosdakarya.
Mulyasa. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik. (1990). Psikologi Belajar Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Balai Pustaka.
Hasan, H. 2003. Media Bergambar Meningkatkan Motivasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Hidayat, S. 2011. Peningkata Meulis Karangan Deskripsi Dengan Penggunaan Media Gambar. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah.
Isnaini, dkk. 2006. Modul Menulis. Pekanbaru: Cecikia Insani.
Ningsih, S, R. 2008. Peningkatan Kemampuan Menggunakan Huruf Capital dalam Kalimat Sederhana Siswa Kelas II SD Negeri 001 Tembilahan Hulu Kabupaaten Indra Giri Hilir. Pekanbaaru: Unri.
Ktsp. 2007. Panduan Lengkap Ktsp. Yogyakarta: Pustaka Yudhasia.
Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sadiman, A. 2003. Strategi dan Metode Pembelajaran SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sinaga, Manngatur. 2002. Bahasa inggris Modul bahan belajar mandiri program D-II: Depdikbud.
Slamet. 2009. Dasar-dasar Pembelajaran dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT. (Penerbitan dan percetakan UNS press).
Sri, Anita, W, Dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suparno, Dkk. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka. Http://riset 2. Umum. Ac.Id/Info-Penelitian-Proposal-Kategori-287.
Suwarsih, Madya. 2006. Teori Dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun EYD. 1975. Pedoman Umum Ejaan Bahasa inggris yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Pustaka.
Tarigan, Henry, G. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Usman, U, M. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wardani, Wahardi, Kuswaya, Nasution, Noehi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wasito. 2015. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa KelasVII SDN 02. Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Yusuf, S. 2004. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2017-11-23
How to Cite
M.PD, Wida Rianti. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Belajar Menulis Terbimbing Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II SDN 002 Panam. Jurnal Basicedu, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 76-81, nov. 2017. ISSN 2580-1147. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/basicedu/article/view/563>. Date accessed: 21 feb. 2018.