Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Matematika SD/MI melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe di IAI Muhammadiyah Bima

  • Edison M.Pd Prodi PGMI IAI MUHAMMADIYAH BIMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Prodi PGMI IAI Muhammadiyah Bima melalui penggunaan media berbasis sparkol videoscribe. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan berupa tes essay dan lembar observasi aktivitas mahasiswa dan dosen. Hasil dari pelaksanaan PTK ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan dengan perubahan skor evaluasi hasil belajar dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus 1, mahasiswa memperoleh nilai ketuntasan 82,9%, pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 85,7%.  Selain hasil belajar, aktivitas mahasiswa juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, persentase ketercapaian keterlaksanaan aktivitas mahasiswa sebesar 82% pada siklus 1 menjadi 86% pada siklus 2. Hasil analisis lembar observasi aktivitas dosen dalam pembelajaran  pada siklus menunjukkan kriteria keterlaksanaan yang sudah baik, namun belum optimal, pada siklus 1 keterlaksanaan sebesar 80% meningkat menjadi 85% pada siklus kedua

References

Arikunto. S. (2014) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.
Aqib, Zainal dkk (2008) Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Yrama Widya.
Jerald, Craig. D. 2009. Education in the 21st Century.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Diknas
Martinus Yamin, 2008, Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa.
Munir. 2013. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005
Sardiman, Arief. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT.Rajagrafindopersada.
Sadiman, Arief S. dkk. (2012). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2017-11-23
How to Cite
M.PD, Edison. Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Matematika SD/MI melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe di IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal Basicedu, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 59-65, nov. 2017. ISSN 2580-1147. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/basicedu/article/view/536>. Date accessed: 21 feb. 2018.