Teori Pembelajaran Cbsak Sebagai Sebuah Teori Alternatif

  • Drs Miswar MH Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Untuk mendapatkan hasil belajar siswa yang baik, dan efektif, tentu tidak dapat dengan mudah dilakukan tanpa menggunakan cara yang tepat menggunakan metode yang tepat pula. Artinya, metode pembelajaran yang tepat dan efektif akan menentukan tingkat keberhasilan anak untuk mendapatkan nilai yang baik atau tinggi. Jika nilai yang baik itu berada pada angka,  8, 9, dan 10, maka nilai yang baik tersebut diraih dengan mudah oleh siswa pada sekolah, baik pada sekolah dasar, menengah, menengah atas, dan bahkan perguruan tinggi. Ada anggapan bahwa, diantara siswa ada yang tidak puas dengan nilai yang diperolehnya. Penyebabnya, mungkin faktor internal, dan mungkin pula faktor eksternal. Rasa tidak puas tersebut, mungkin juga dirasakan oleh seorang guru. Bagaimana cara agar siswa dan guru merasa puas terhadap hasil belajar mereka? Mungkin teori pembelajaran CBSAK dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjawab persoalan tersebut

References

Abd. Rachman, Bahtiar (Vol 1 No. 2). Jurnal Tarbawi| Volume 1|No 2| ISSN 2527-4082| 149. file:///C:/Users/user/Downloads/368-1067-1-PB.pdf

Alu, Syahrudin (2012). Teori, prinsip, dan konsep pembelajaran. http://alu-syahrudin.blogspot.co.id/.

Joni, Rahmat Pramudia (http://file.upi.edu). Landasan historis perkembanganteknologipembelajaran.http://file.upi.ed/direktori/fip/jur.pend.luarsekolah/19716141998031-jonirahmatpramudia/teknologipembelajaran-pls-ho.pdf

Lestari, Dewi (2013). Teori-teori belajardanpembelajaran.https://biologi-lestari.blogspot.co.id/2013/03/teoriteoribelajar-dan pembelajaran.html?m=%7C.
Diakses 30 Oktober 2017

Miftach R, (2010). Teori, prinsip, dan konsep pembelajaran.http://miftach.blog.uns.id/2010/01. Diakes, 1 November 2017.

Skineer dalam Dahlia, Fransica (2017). Teori Belajar Behavioristik Menurut Para Ahli. http://dosenpsikologi.com/teori-belajar-behavioristik. Diakses pada 1 November 2017.

Tries Trysna (2014). Teori-teori pembelajaran.
https://tiestrysna.wordpress.com/2014/04/12/teori-teori-pembelajaran. Diakses, 1 November 2017.

Vikson, Wiguna dan Zulfatrial, Adisyahputra (2017). Layanan Bimbingan Belajar. Disusun Sebagai Tugas Mata Kuliah Enterpreneurshif (Bimbingan Belajar). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau.

Sugandi, dkk dalam Sarjanaku.com (2012). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli.http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-pembelajaran-menurut-para.html

Snelbecker dalam Eva Yusnita dan Dina Indriani(2008). Teknologi Pembelajaran.www.teknologipembelajaran.com. Diakses 8 Oktober 2017,

Nivo’s Blog (2011). Pengembangan Konseptual Teknologi Pendidikan. http://thephovo.blogspot.co.id/2011/07/pengembangan-konseptual-teknologi.html. Diakses 10 Oktober 2017.
Published
2017-11-23
How to Cite
MH, Drs Miswar. Teori Pembelajaran Cbsak Sebagai Sebuah Teori Alternatif. Jurnal Basicedu, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 33-41, nov. 2017. ISSN 2580-1147. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/basicedu/article/view/517>. Date accessed: 21 feb. 2018.