Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar

  • Rizki Ananda M.Pd Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi M.Pd Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan alat evaluasi yang layak untuk siswa SD. Penelitian pengembangan ini akan dicobakan dengan menggunakan taksonomi Bloom dua dimensi untuk menghasilkan butir-butir tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R & D (Research and Development) atau metode penelitian dan pengembangan. Alat evaluasi yang dikembangkan pada penelitian ini adalah soal tes uraian, kunci jawaban serta pedoman penskoran. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini dimulai dengan studi kepustakaan, pembuatan kisi-kisi, penulisa butir tes, uji ahli (validitas isi), revisi tahap 1, uji terbatas yang terdiri dari: validitas butir soal, uji reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilanjutkan ke tahap revisi 2, uji coba lebih luas ke tiga SD yang satu kompleks dengan SDN 016, hingga seleksi dan perakitan tes, sampai didapatkan butir tes yang valid dan reliabel. Evaluasi hasil belajar mata pelajaran IPS dengan menggunakan Taksonomi Bloom Dua Dimensi nilairata-ratatotal validasi yang diberikan  olehvalidator terhadap alat evalusi sebesar 3,29, alat evaluasi yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan koefisien validitas butir soal dari soal 1sampai 30 memiliki kriteria validitas tinggi. Koefisien reliabilitas soal tesuraianyang dikembangkansebesar 1,019524  dengan kategori reliabilitas sangat tinggi

References

Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. NewYork: Addison Wesley Longman, Inc.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W. R. and Gall, M. D. (1989). Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Ekawati, E. dan Sumaryanta. (2011). Pengembangan Intrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/ SMP. Jakarta: Kemdiknas Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan, PPPPTK Matematika.

Koyan, I. W. (2011). Langkah-langkah Mengkontruksi Tes dan Non Tes. Buku Ajar. (tidak diterbitkan) Singaraja: UNDIKSHA.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN Maliki Press.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Persada Rajawali.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Published
2017-11-23
How to Cite
M.PD, Rizki Ananda; M.PD, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 11-21, nov. 2017. ISSN 2580-1147. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/basicedu/article/view/515>. Date accessed: 21 feb. 2018.