Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD Tahun Ajaran 2016/2017

  • Yenni Fitra Surya M.Pd Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rusdial Marta M.Pd Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana letak kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar konsep dasar IPA SD yang dialami oleh mahasiswa agar nilai konsep dasar IPA SD lebih baik. Dari penelitian ini juga diharapkan mahasiswa termotivasi untuk mengikuti mata kuliah konsep dasar IPA SD. Subjek penelitian yang diambil yaitu mahasiswa PGSD semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang daftar nama mahasiswa yang dijadikan susbjek penelitian. Metode tes digunakan untuk memperoleh data penyelesaian mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA SD, metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi objektif saat kegiatan belajar mengajar konsep dasar IPA SD dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.

References

Abdurrahman, Mulyono.1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anurahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunro, Sukarsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan LandasanKerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas.

Srini M. Iskandar. 1996. Pendidikan Ilmu pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujana, Nana. 2008. Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja
Rosda karya

Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo

Syamsuddin, Abin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya

Wakitri. 1990. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika

Zuriyah Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Published
2017-11-23
How to Cite
M.PD, Yenni Fitra Surya; M.PD, Rusdial Marta. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Basicedu, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-10, nov. 2017. ISSN 2580-1147. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/basicedu/article/view/514>. Date accessed: 21 feb. 2018.