ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA

  • Zulfah Zulfah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kesalahan yang dilakukan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota dalam menyelesaikan soal-soal terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel, mendeskripsikan kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota dalam menyelesaikan soal-soal terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel, serta mengetahui seberapa besar persentase kesalahan peserta didik pada masing-masing aspek kesalahan. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan desriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan kesalaha-kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan besar kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan menggunakan angka. Suharsimi Arikunto (2006: 12) mengemukakan bahwa penelitian kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta menampilkan hasil. Menurut Sumanto (1995: 77) penelitian deskriptif berusaha mendeskripsi dan menginterpretasi apa yang ada (bisa mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses yang sedang berlangsung, akibat yang terjadi atau kecederungan yang tengah berkembang). Berdasarkan hasil tes diagnostik pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel diperoleh bahwa masih terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal terkait materi tersebut. Kesalahan yang dilakukan peserta didik terdiri dari kesalahan prinsip 71% dan kesalahan konsep 69%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal. Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Diterbitkan pada Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2012.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta.
Bell, F.H. (1982). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School), Wm. C. Brown Company Publisher, Lowa.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota.Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 1(1), 49-54
Hidayat, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 1(1), 12-19
Published
2018-02-06
How to Cite
ZULFAH, Zulfah. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Jurnal Pendidikan Tambusai, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 117-124, feb. 2018. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/JPT/article/view/600>. Date accessed: 19 feb. 2018.