PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING

  • Rani Sopinal SMK Negeri 1 Bangkinang Kota

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing  di kelas XI Multi Media SMK Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini Kelas XI Multi Media SMK Negeri 1 Bangkinang Kota yang berjumlah 33 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dalam meningkatan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing . Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 21 siswa yang tuntas (63,63%) dan yang belum tuntas 12 siswa (36,37%), sedangkan pada siklus II yang tuntas menjadi 28 siswa (84,84%) dan yang belum tuntas 5 siswa (15,16%) dengan peningkatan nilai Rata-rata kelas siklus I = 72,12 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas = 76,06 yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas XI Multi Media di SMKNegeri 1 Bangkinang Kota

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sabri, StrategiBelajarMengajar Micro Teaching, Quantum Teaching, Jakarta, 2007
Arikunto, dkk, (2006). PenelitianTindakanKelas, Jakarta: BumiAksara.
ASTUTI, Astuti; SARI, Nurhidayah. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 13-24
Hartono, StartegiPembelajaran, LSFK2P.,Pekanbaru, 2004.
Melvin L. Berman, AktiveLearning, Nusa Media, Bandung, 2006
Nana Sudjana, PenilaianHasil Proses BelajarMengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2008
Slamento, ( 2003). BelajardanFaktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: RinekaCipta.
Suharjono, (2007). PenelitianTindakanKelas, Jakarta: BumiAksara
Wina Sanjaya, (2008). Strategi Pembelajaran Beroreantasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Published
2018-02-06
How to Cite
SOPINAL, Rani. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING. Jurnal Pendidikan Tambusai, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 98-108, feb. 2018. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/JPT/article/view/598>. Date accessed: 19 feb. 2018.