IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS SHOLAT BERJAMAAH SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI

  • Susilawati Susilawati SMP Negeri 3 Rengat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran metode demonstrasi sehingga siswa dapat beraktifitas dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kualitas sholat siswa pada pembelajaran PAI tentang sholat berjamaah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurl Lewin yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis dan pembahasan peneliti dapat menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran demonstrasi sebagian besar siswa sudah memperlihatkan prediket MK (Membudaya/Kebiasaan) yaitu siswa terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten. Adapun belajar dengan menggunakan LKPD, sangat membantu merangsang minat dan aktifitas siswa belajar, sehingga suasana dalam berdiskusipun berkesan asik dan menyenangkan. Dengan adanya kegiatan demonstrasi yang dilakukan berulang-ulang, siswa sudah dapat memposisikan dirinya ketika menjadi imam, menjadi makmum biasa maupun makmum masbuq

Downloads

Download data is not yet available.

References

DaradjatZakiah, Dr., Dkk,1981, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara Jakarta Dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen agama
Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ri, 2014, Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Smp
Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam melalui Bermain pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 2(2), 8-17.
Hasan Syamsi Moh., Hadis Populer Shahih Bukhari & Muslim, Surabaya: Amelia
Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Provinsi Riau, 2013, Silabus Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Untuk Kelas : Vii, Viii, Ix Smp, Pekanbaru
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum 2013, Edisi Revisi 2014, Buku Siswa, SMP/MTs Kelas VII, Jakarta
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia,2014, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum 2013, Edisi Revisi 2014, Buku Guru, SMP/MTs Kelas VII, Jakarta
KusumahWijaya& Dedi Dwitagama, 2012, Mengenal Penelitian Tindakan kelas Edisi Kedua, Jakarta: Indeks
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka
RakhmanYuniar & Titin Mabruroh,2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum 2013, LKS Pegangan Siswa, SMP Kelas VII Semester I, Klaten: Intan Pariwara
RakhmanYuniar & Titin Mabruroh, 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum 2013, LKS Pegangan Guru, SMP Kelas VII Semester 1, Klaten: Intan Pariwara
Rasjid Sulaiman, H, 2002, Fiqh Islam, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Syah Muhibbin, M. Ed, 1995, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya
Tim Abdi Guru,2007, Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP Kelas VII KTSP 2006, Jakarta: Erlangga
Tim Penyusun Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006, Pendidikan Agama Islam Aku Cinta Islam, kelas VII untuk SMP/MTs, Cempaka Putih
http://kaahil.wordpress.com/2012/03/21/lengkapgambar-tatacara-tuntunan-sholat-yang-benar-sesuai-sunnah-rasulullah-shallallaahu-alaihi-wassalam-dari-mulai-takbir-sampai-salam/
Published
2018-02-06
How to Cite
SUSILAWATI, Susilawati. IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS SHOLAT BERJAMAAH SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI. Jurnal Pendidikan Tambusai, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 68-83, feb. 2018. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/JPT/article/view/595>. Date accessed: 19 feb. 2018.