PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Mairizal Mairizal SMAN 1 Cerenti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru di SMA Negeri 1 Cerenti dan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Cerenti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan kondisi nyata dari objek penelitian. Berdasarkan analisis dan pembahasan peneliti dapat menyimpulkan kompetensi profesional guru SMA Negeri 1 Cerenti sangat baik. Hal ini dapat diketahui berdasarkan prosentase rata-rata yang didapat dari hasil penelitian yaitu sebesar 94,38%, yang meliputi indikator penguasaan materi, kemampuan membuka pelajaran, kemampuan bertanya, kemampuan mengadakan variasi pembelajaran, kejelasan dan penyajian materi, kemampuan mengelola kelas dan kemampuan menutup pelajaran. Kemudian upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru SMA Negeri 1 Cerenti sudah optimal. Hal ini dapat diketahui berdasarkan prosentase rata-rata yang diperoleh sebesar 85,71%. Penilaian ini dilihat dari adanya pelaksanaan supervisi pembelajaran yakni melalui observasi kelas, kunjungan kelas maupun pembinaan langsung kepada para guru. kemudian, adanya kegiatan pelatihan, pemberian kesempatan pada guru untuk aktif dalam MGMP, dan kepala sekolah juga memberikan reward bagi guru yang berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Mohammad. dan Barnawi. Etika dan Profesi Kependidikan. 2012. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. 2005. Jakarta : Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. 2011. Jakarta: Rajawali Press. Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. 2002. Jakarta : Balai Pustaka.
Faturrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. 2007. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. 2005. Jakarta: Bumi Aksara. Hidayah, Rifa dan Elfi Mu’awanah. Bimbingan konseling islami di sekolah dasar. 2009. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Syarif dan Asroi. Manajemen Pendidikan : Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. 2013. Jakarta: Pustaka Mandiri Iskandar, dan Mukhtar. Orientasi Supervisi Pendidikan. 2013. Jakarta: Referensi.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. 2012. Bandung : Remaja Rosdakarya. Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional. 2012. Jakarta: Rajawali Press.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. 2007.Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. 2008.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. 2012. Jakarta: Gaung Persada.
Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. 2011.Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. 2009. Jakarta: Cipta Jaya.
Peraturan Pemerintah RI No 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta: Sinar Grafika.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. 2010. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. 2002. Jakarta: Balai Pustaka.
Ramayulis. Profesi dan Etika Keguruan. 2013. Jakarta: kalam Mulia.Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. 2011.Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2011. Jakarta : Prenada Media Group.
Soetjipto, dan Raffli Kosasih. dan Profesi Keguruan. 2011.Jakarta : Rineka Cipta.
Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB. 2007. Yogyakarta : Pustaka Yustisia.
Surya, Mohammad. Psikologi Konseling. 2003.Bandung : Pustaka Bani Quraisy. Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).2007. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. 2006. Jakarta: Bumi Aksara. Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. 2008. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005. 2009. Jakarta : Sinar
Grafika.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). 2011. Jakarta : Sinar Grafika. cet. Ke-empat.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. 2011. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Winkel, W.S. dan M.M. Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. 2004. Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2018-02-06
How to Cite
MAIRIZAL, Mairizal. PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Jurnal Pendidikan Tambusai, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 14-24, feb. 2018. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/JPT/article/view/589>. Date accessed: 19 feb. 2018.