MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SISWA KELAS X TKJ 1 SMKN 1 BANGKINANG

  • Fajri M Hanif SMKN 1 Bangkinang

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bangkinang menjadi latar belakang penelitan tindakan kelas ini. Peneliti merasakan proses belajar mengajar masih terpusat kepada guru, materi sering tersajikan dalam bentuk ceramah dan demonstrasi sehingga sering peneliti menjumpai siswa lebih banyak diam dan mendengarkan saja, kreatifitas dan kemandiriannya kurang terwujud dan proses belajar mengajarpun tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini menjadi penyebab hasil belajar siswa turun. Dari 36 siswa hanya ada 20 orang siswa yang nilainya berada di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau sekitar 55% dan tentunya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu Peneliti merasa perlu mengatasi permasalahan belajar ini dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Siswa Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bangkinang”. Dengan adanya penelitian ini  Peneliti berharap dapat menemukan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan belajar, dan semoga kedepannya hasil bejar siswa dapat ditingkatkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data dari hasil ujian kompetensi pada kompetensi Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,S, Suhardjono dan Supardi. Penelitian Tindakan kelas, Jakarta : Bumi Aksara
Bahruddin dan Wahyuni, E.N,( 2010) , Teori Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Direktorat Pembina SD Ditjen Dikdas (2013) , Model Pembelajaran Bebasis proyek (Proyect Based learning), Kemdikbud.
Fachruri, A (2010). “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Dngan Strategi Aktive Learning Tipe Aktive Knowladge Sharing di SMP N 31 Semarang Semester II kelas VII Tahun Ajaran 2019/2010”.Skripsi, Jurusan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang Tahun 2010.
Fred Schultz (2008/2009), Annual Editions Education, New York : Mc. Grow Hill. ISBN : 978-0-07-339748-1
Hernawan,A.H dan Resmini, N (2009). Modul Pembelajaran Jaringan dasarS-1 PGMI Dual Modes Modul 1-6PT-1 Konsep Dasar Nomor 1, Kementerian Agama RI.
Kementerian pendidikan dn kebudayaan Republik Indonesia (2013), Tema 2 Selalu Berhemat Energi (buku jaringan dasar Kurikulum 2013), Buku Guru & Buku Siswa SD/MI kelas IV.
Mulyana, E (2009), Praktek Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mustaqim (2001), Psikologi Pendidikan,Pustaka Pelajar.
Permendikbud nomor 81a tahun 2013,Tentang Implementasi Kurikulum 2013,Lampiran IV pedoman Umum Pembelajaran
Ravi Ranga Rao dan Bhaskara Rao, D , Methods of Theacher training. New Delhi: discovery Publishing House. 2004. ISBN : 81-7141-812-0.
Rohani HM, A (2010), Pengelolaan Pengajaran (Sebuah Pengantar menuju Guru profesional), Jakarta : Renika Cipta.
Saminanto (2010), Ayo Praktek PTK ( Penelitian Tindakan Kelas), Semarang : RaSAIL Media Group.2010
Suharyati, T (2012) .”Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Energi Dan Perubahannya Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Telukan 03 Semester II Tahun 2010/2011”. Jurnal Pendidikan Dwija Utama Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidik Kota Surakarta.3 (17), 125-132.
Sani, R. A. (2012). Meningkatkan profesionalisme guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Citapustaka Media Perintis.
Waitlem, M. d. (2015). Praktik praktis karya tulis ilmiah untuk guru. Padang: Kabarita.
Wardhani, I. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Warsito, Pembelajaran Sains Berbasis Proyek (Project Based Learning) sebagai Usaha untuk meningkatkan aktivitas dan Accademic Skill Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 3 Depok. Skripsi dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2008 Tersedia : digilib.uin-suka.ac.id/3046/1/BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf (20/07/2014 , 09:56 WIB)
Published
2018-02-06
How to Cite
HANIF, Fajri M. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SISWA KELAS X TKJ 1 SMKN 1 BANGKINANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 01-13, feb. 2018. Available at: <http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/JPT/article/view/588>. Date accessed: 19 feb. 2018.